CLOCK


Mutiara Harian

Sunday, September 27, 2009

Al-Kahf (Gua)

Al-Kahf(gua) surat ke 18 terdiri dari 110 ayat. termasuk makkiyyah.
Dengan Menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha penyayang
Ayat 10 : idzawalfityatu ilalkahfi fakooluu rabbanaa aatinaa min ladunka rahmatan wa hayyii lanaa min amrinaa rasyadan, artinya :(ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung kedalam gua lalu mereka berdoa, ''Ya Tuhan kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.''
Cerita tentang ashabul kahfi yang tertidur di gua selama 309 tahun qamariah ayat 25,penjelasan berapa tahun.
Ayat 14-raja Dikyanus yang zalim dan sombong.
Penjelasan tentang berapa orang ada di ayat 22. Ayat 31 menjelaskan tentang surga 'Adn.
Ayat 39 : ada kalimat masya Allah, la quwwata illa billah (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud)
Ayat 50: Malaikat sujug kepada ADAM kecuali iblis.
Ayat 60 : cerita tentang nabi Musa yang berjalan pertemuan dua laut.
Ayat 65 : nabi Musa dan pembantunya ketemu hamba yang bernama khidr.
Ayat 67-82 : cerita tentang kesabaran Nabi Musa bisa kalian baca sendiri, tapi begini cerita singkatnya Nabi Musa menaiki perahu kemudian dia melubanginya, lalu nabi Musa berkata mengapa engkau melubangi perahu ini?, dia berkata bukankah sudah kukatakan bahwa engkau tidak akan mampu sabar bersamaku? Nabi Musa berkata; '' janganlah engkau menghukum aku karena kelupaanku dan janganlah engkau membebani aku dengan sesuatu kesulitan dalam urusan aku.'' maka berjalanlah keduanya,hingga ketika keduanya berjumpa dengam seorang anak muda, maka dia membunuhnya. Dia Muda berkata, ''mengapa engkau bunuh jiwa yang bersih, bukan karena dia membunuh orang lain? Sungguh engkau telah melakukan sesuatu yang sangat munkar.'' Dia berkata,'' dia berkata bukankah sudah kukatakan bahwa engkau tidak akan mampu sabar bersamaku? '' Musa berkata,'' jika aku bertanya kepadamu tentang sesuatu setelah ini, maka jangan lagi engkau memperbolehkan aku menyertaimu, sesungguhnya engkau sudah cukup(bersabar) menerima alasan dariku.'' maka keduanya berjalan, hingga sampai kepada suatu negeri, mereka berdua minta dijamu oleh penduduknya, tapi mereka tidak menjamu, keduanya mendapatkan dinding rumah yang hampir roboh. Dia berkata,''inilah perpisahan antara aku dengan engkau;aku akan memberikan penjelasan kepadamu atas perbuatan yang engkau tidak mampu sabar terhadapnya. Adapun perahu itu adalah milik orang miskin yang bekerja di laut;aku bermaksud merusaknya, karena dihadapan mereka ada seorang raja yg akan merampas setiap perahu. Adapun anak muda(kafir) itu,kedua orangtuanya mukmin, dan kami khawatir kalau dia akan memaksa kedua orangtuanya kepada kesesatan dan kekafiran. Adapun dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim dikota itu yang dibawahnya tersimpan harta bagi mereka berdua, dan ayahnya seorang yang saleh. Lebih lengkapnya kalian baca sendiri di Alquran yach.
Ayat 83 - 110 : tentang Zulkarnain, didalamnya ada cerita yakjuj dan makjuj adalah dua bangsa yang berbuat kerusakan dibumi.
Untuk lebih jelasnya kalian baca sendiri yach arti dari surat Al-KAHF ini.
Maha Suci Alloh Dengan Segala Firman-Nya.

No comments:

Post a Comment