CLOCK


Mutiara Harian

Friday, July 25, 2014

Cinta dan Benci Karena Allah

Sumber :https://www.facebook.com/notes/tisa-khairunnisa/cinta-dan-benci-karena-allah/10150590799563778


1. Memberitahu orang yang engkau cintai bahwa engkau mencintainya karena Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Apabila salah seorang dari kamu mencintai saudaranya hendaklah ia memberitahu bahwa ia mencintainya."[1]

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwa pemberitahuan tersebut akan membuat kasih sayang semakin langgeng dan membuat cinta semakin kuat. Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Apabila salah seorang dari kamu mencintai saudaranya karena Allah hendaklah ia memberitahu kepadanya, karena hal itu dapat melanggengkan kasih sayang dan memperkuat rasa cinta."[2]

Al-Baghawi berkata dalam kitab Syarhus Sunnah (XIII/67): "Makna pemberitahuan ini ialah anjuran untuk saling berkasih sayang dan mencintai. Karena apabila ia memberi tahu kepadanya maka ia akan memikat hatinya dan mendatangkan kecintaannya."

:D:D

2. Ketahuilah wahai hamba Allah, bahwa ucapan salam akan menghilangkan rasa asing dan gejolak hati sehingga hati dapat bertemu karena Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Kalian tidak akan masuk Surga hingga beriman. Dan, kalian tidak akan beriman hingga saling berkasih sayang. Maukah kalian aku beritahu sesuatu yang apabila kalian melakukannya niscaya kalian akan saling berkasih sayang? Sebarkanlah salam di antara kalian."[3]


3. Hadiah

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Hendaklah kalian saling memberi hadiah, niscaya kalian akan saling menyayangi."[4]

4. Membatasi frekuensi kunjungan

Ketahuilah wahai saudaraku yang ku cintai, terlalu sering berkunjung bisa membuat bosan. Kunjungan yang terlalu sering dapat menumbuhkan futur (jemu atau muak). Mengatur kadar kedekatan dapat membuatnya lapang. Demikian pula sebaliknya, terlalu jarang mengunjungi juga akan membuat renggang dan dapat mengeraskan hati. Oleh karna itu, kunjungilah saudaramu sesekali waktu.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Kunjungilah (saudaramu) secara jarang-jarang niscaya rasa kasih sayang akan bertambah."[5]


Sungguh indah perkataan seorang penya'ir berikut ini:

hindari olehmu sering melakukan kunjungan

karena sungguh jika terlalu banyak, akan menimbulkan kebencian

sungguh aku lihat hujan bila turun tiap hari akan membuat bosan

dan apabila tertahan justru tangan-tangan akan menengadah memohon kedatangannya


Seorang penya'ir lain mengatakan:

batasilah kunjungan kepada sahabatmu

maka engkau seperti pakaian yang senantiasa baru

sungguh sesuatu yang paling membosankan bagi seseorang

bila ia selalu melihatmu di sisinya

5. Bersikap wajar dalam cinta dan benci.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam

"Cintailah orang yang kamu cintai sewajarnya, boleh jadi pada suatu hari kelak ia akan menjadi orang yang engkau benci. Dan, bencilah orang yang kamu benci sewajarnya, boleh jadi pada suatu hari kelak ia akan menjadi orang yang engkau cintai."[6]

Demikianlah sikap yang pertengahan ini bertambah nyata, meliputi seluruh tampilan Islam hingga dalam hal perasaan, simpati dan kasih sayang.

Oleh karena itu Umar bin al-Khaththab radialllahu 'anhu berkata: "Hai Aslam, jangan jadikan cintamu sebagai beban dan jangan sampai bencimu membuat binasa."

Aku bertanya: "Bagaimana hal itu bisa terjadi?"

Beliau mengatakan: "Jika engkau mencintai, janganlah berlebihan seperti seorang anak kecil mencintai sesuatu. Dan, jika engkau membenci, janganlah berlebihan hingga engkau suka mencelakai sahabatmu dan membinasakannya."[7]

Hadbah bin Kasyram berkata:

jika engkau membenci, bencilah dengan kebencian sewajarnya

karena sesungguhnya engkau tidak tahu,suatu ketika engkau akan kembali

jadilah engkau barang tambang bagi kebaikan dan berilah maaf atas kesalahan

karena sesungguhnya engkau melihat dan mendengar apa yang engkau lakukan

jika engkau mencintai, cintailah dengan cinta sewajarnya

sebab engkau tidak tahu, suatu ketika engkau memutus cinta itu


An-Namar bin Taulab berkata:

cintailah kekasihmu dengan cinta sewajarnya

niscaya tidak akan membebanimu bila kamu memutus cinta itu

dan bencilah musuhmu dengan benci sewajarnya

karena bila engkau berusaha untuk mencintainya maka engkau akan bersikap bijak padanya


6. Istiqomah di atas ketaatan dan meninggalkan maksiat.

Ketahuilah saudaraku seiman, bahwa iman dan amal shalih merupakan penyebab Allah mencintai hamba-Nya. Jika Allah telah mencintainya, niscaya ditulis baginya penerimaan yang baik di tengah hamba-hamba-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shalih, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka kasih sayang." (QS. Maryam: 96)

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Apabila Allah Subhanahu wa Ta'ala mencintai seorang hamba niscaya Jibril akan berseru: 'Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala mencintai fulan, maka cintailah dia.' Maka Jibril pun mencintainya. Lalu Jibril menyerukan kepada penghuni langit: 'Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala mencinta fulan, maka cintailah dia,' Maka penghuni langit pun mencintainya, kemudian diberikan kepadanya penerimaan yang baik di kalangan penduduk bumi."[8]


Foot note:[1] Shahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam kitab al-Adabul Mufrad (542), Abu Dawud (5214), at-Tirmidzi (2502-Tuhfah), dan selain mereka dari jalur Yahya bin Sa'id ia berkata: "Tsaur bin Yazid telah menceritakan kepada kami, ia berkata: Habib bib 'Ubaid telah menceritakan kepada kami dari al-Miqdam bin Ma'di di Karib secara marfu'." Aku katakan: "Hadits ini telah dishahihkan oleh at-Tirmidzi dan benar katanya." 

[2] Hasan lighairihi, diriwayatkan oleh Waki' dalam kitab az-Zuhd (337) dengan sanad yang shahih dari 'Ali bin Al-Husain secara marfu'.Aku katakan: "Riwayat tersebut mursal shahih sanadnya." Ada syahid (hadits penguat) lain yang juga mursal diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad (191). Dan, ada juga syahid lainnya dari Yazid bin Nu'amah adh-Dhabbi.Hadits ini telah dihasankan oleh guru kami Syaikh al-Albani dalam Silsilatul Ahaadiits ash-Shahiihah (1199) dengan keseluruhan jalur-jalurnya.

[3] Diriwayatkan oleh Muslim (II/35, an-Nawawi) dan selainnya dari hadits Abu Hurairah radiallahu 'anhu.

[4] Hasan, diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad (594), ad-Dulabi dalam al-Kuna (I/150 dan II/7) dan al-Baihaqi (VI/169), serta selain mereka dari jalur Dhamam bin Isma'il ia berkata: 'Aku mendengar Musa bin Wardan meriwayatkan dari Abu Hurairah radiallahu 'andu secara marfu'."Aku katakan: "Sanad ini hasan."

[5] Shahiihul Jaami' ash-Shaghiir wa Ziyaadatuhu (3562).

[6] Shahiihul Jaami' ash-Shaghiir wa Ziyaadatuhu (176).Guru kami, Syaikh al-Albani telah menjelaskan panjang lebar tentang keshahihannya dalam Ghaayatul Maraam (472), silahkan merujuk ke sana karena sangat bermanfaat.

[7] Shahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad (1322), Abdurrazzaq dalam al-Mushannaf (20269), al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah(XIII/65), dari jalur Ma'mar bin Zaid bin Aslam dari ayahnya.Aku katakan: "Sanadnya shahih."

[8] Diriwayatkan oleh al-Bukhari (VI/303, X/461, al-Fath), Muslim (XVI/183-184 an-Nawawi), dari hadits Abu Hurairah radiallahu 'anhu.

No comments:

Post a Comment