CLOCK


Mutiara Harian

Thursday, May 13, 2010

Avatar

Category: Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy
Sutradara film ini adalah James Cameron.

Film ini mengambil setting masa depan, tepatnya di tahun 2154 di sebuah planet seukuran bumi yang bernama Pandora. Manusia bumi "menjajah" planet ini untuk menambang sumber daya alam mineral yang sangat mahal, disebut Unobtanium. Planet Pandora sendiri merupakan planet purba yang juga memiliki kehidupan seperti layaknya di bumi. Planet ini juga dihuni mahluk cerdas seperti manusia yang disebut Na'vi. Mereka hidup alami layaknya manusia zaman dulu yang belum tersentuh peradaban, kerjaannya berburu (masih pake panah dan pisau) dan setengah telanjang. Postur tubuhnya memiliki tinggi badan Na'vi hampir 3 meter dengan postur seperti manusia, punya kaki 2, tangan 2, mata 2, punya mulut, punya hidung, telinga yang panjang, dengan rambut yang panjang, memiliki ekor, berkulit biru dan menyembah dewa yang disebut Eywa(Ruh Suci, berada di pohon yang dikermatkan). Avatar adalah sebutan untuk Na'vi hibrida tanpa nyawa yang dikembangkan oleh ilmuwan-ilmuwan manusia dengan menggabungkan DNA Na'vi original dengan DNA manusia. Nah, karena tak bernyawa, Avatar harus "dikendalikan" oleh manusia dengan perantaraan sebuah alat canggih.
Cara mengunakan alat itu, tinggal masuk di alat itu, tidur telentang, tekan tombol. Tiba-tiba kita sudah berada di dalam tubuh Avatar alias Na'vi hibrida. Avatar ini awalnya dibuat supaya manusia mudah gaul sama Na'vi asli dan supaya para ilmuwan agak lebih leluasa meneliti planet Pandora karena makhluk di planet ini tidak menghirup oksigen seperti kita, jadi kita pakai tubuh Avatar.
Film Avatar sendiri mengisahkan tentang seorang marinir cacat bernama Jake Sully yang baru mendapat tugas sebagai pengendali Avatar. Jake mempunyai kaka seorang ilmuwan bernama tommy,tapi sang kakak meninggal. Jake Sully yang mulai diterima di salah satu desa suku Na'vi, akhirnya ditugaskan untuk masuk lebih dalam lagi guna mempelajari cara hidup mereka, terutama untuk mendapatkan informasi-informasi penting seputar tempat-tempat yang banyak menyimpan kandungan Unobtanium. Tapi lama-lama Jake Sully malah menaruh simpati terhadap makhluk Na'vi ini dan enjoy banget jadi Na'vi, karena sebagai Na'vi dia tidak cacat. Bukan hanya itu, Jake juga mulai terlibat cinta antar spesies dan kesengsem sama cewek Na'vi lokal bernama Neytiri, anak pak Kades.
Klimaks dari film ini adalah pertempuran dahsyat yang terjadi antara manusia dengan senjata-senjata dan kendaraan perang canggihnya melawan seluruh ksatria Na'vi (yang dipimpin Jake Sully) dengan menunggang kuda Pandora atau terbang dengan burung purba yang disebut Banshee. Jake (sebagai Na'vi) akhirnya mampu menjinakkan seekor burung purba raksasa bernama Toruk, yang mana disebutkan bahwa hanya pernah ada 5 orang (Na'vi) yang pernah menaklukkan burung jenis tersebut dan kesemuanya adalah ksatria dan pemimpin besar. Ini membuat seluruh Na'vi percaya pada Jake dan secara resmi mengangkat dia menjadi pemimpin mereka.

Untuk ceritanya hingga akhir sebaiknya menonton saja, karena gambar yang dibuat sangat cantik dan suara sound yang dibuat dibuat seakan kita terabawa kedalam hutan dan ikut berpetualang bersama avatar. Ada versi 3Dnya, sayang saya tidak menonton yang versi 3Dnya, kayaknya lebih keren jika menontonnya 3D effect visualnya lebih terasa nyata.

Ini adalah film bioskop pertama saya ditahun 2010. nonton bareng de nurul sama ibu di jatos.

No comments:

Post a Comment