CLOCK


Mutiara Harian

Thursday, January 09, 2014

Masalah Keuangan


Salam,

Halo para pembaca Yahoo! Bagaimana kabar Anda memasuki minggu kedua 2014? Buat saya pribadi, tahun ini diawali dengan beberapa kehebohan, selain memberikan tantangan dan semangat baru untuk memulai tahun ini. I have a good feeling about it!

Berbicara soal keuangan lepas tahun baru, muncul pertanyaan: masih tersisakah gaji yang Anda terima di akhir tahun kemarin? Atau jangan-jangan Anda dag dig dug menunggu tagihan kartu kredit bulan ini? Mudah-mudahan Anda tak harus menambah utang untuk hidup hingga gaji berikutnya.

Saya memiliki beberapa ide pada 2014 ini, di mana saya ingin Anda terlibat di dalamnya. Semoga Anda mau membantu saya dalam melakukan sedikit survei tentang masalah keuangan yang paling banyak dialami pembaca Yahoo dan ingin dibahas pada artikel selanjutnya.

Tidak bosan saya katakan, tujuan kita dalam kehidupan finansial adalah menjadikan uang sebagai sumber kebahagiaan, bukan masalah. Karena itu, mari mencari solusi masalah keuangan yang kita miliki. Sebagai langkah awal, mengidentifikasi masalah keuangan yang sedang dihadapi.

Sebagai petunjuk, ada beberapa masalah keuangan yang kerap dihadapi oleh awam atau tidak pernah membuat perencanaan keuangan sebelumnya. Di antara masalah itu:

1. Menentukan tujuan keuangan secara jangka panjang. 
Secara umum Anda tidak tahu bagaimana menentukan tujuan uang yang hendak diinvestasikan.

2. Mengatur arus kas dan anggaran bulanan. 
Saat Anda merasakan penghasilan tidak pernah cukup setiap bulan dan tidak tahu bagaimana membuat anggaran yang baik.

3. Utang. Anda terpikir untuk membeli sesuatu dengan menggunakan utang, tetapi takut lantaran tidak paham aturannya. Atau Anda saat ini sedang pusing karena memiliki cicilan besar dan tak pernah habis. Mungkin Anda memenuhi biaya hidup dari utang ke utang.

4. Investasi. 
Apa pentingnya berinvestasi. Mungkin Anda sangat takut berinvestasi karena khawatir dengan risiko hilangnya uang. Anda tidak tahu kemana uang Anda harus diinvestasikan dan seberapa besar jumlahnya setiap bulan.

5. Asuransi. Perlukah Anda memiliki asuransi untuk melindungi jiwa dan aset. Asuransi seperti apa yang idealnya Anda miliki, bagaimana cara memilih perusahaan asuransi yang baik.

6. Pensiun. Apakah Anda khawatir saat pensiun kelak tidak mampu menghidupi diri sendiri dan harus bergantung hidup pada orang lain. Apa yang harus dilakukan agar saat pensiun masih bisa hidup dengan gaya hidup yang ingin Anda miliki saat ini.

Bagi yang hendak berpartisipasi, kami akan memilih beberapa dari Anda untuk menjadi klien dan dibantu mencari solusi dari masalah yang Anda hadapi. Tak perlu khawatir, identitas dan data Anda akan kami rahasiakan. Tanpa biaya.

Bagi Anda yang tertarik, silakan mengirimkan email kepada kami di tanyadwita@yahoo.com. Kisahkan masalah keuangan yang ingin Anda pecahkan. Sampaikan sedikit penjelasan umum mengenai situasi Anda saat ini.

Apabila Anda memiliki masalah di luar contoh di atas, silakan beri tahu kami. Untuk Anda yang terpilih menjadi calon klien, akan kami kirimkan email balasan.

Kesempatan menjadi klien kami hanya diberikan kepada Anda yang serius untuk mengubah kondisi finansial. Karena itu, kami akan melakukan beberapa tahapan seleksi melalui email.

Ingin memiliki kondisi keuangan lebih baik? Identifikasi masalah adalah langkah awal yang harus Anda lakukan dan awal tahun merupakan momentum yang tepat untuk memulai!

To Serenity,


Dwita Ariani, MM, RFA, RIFA
Twitter: @BundaWita
Financial educator darZelts Consulting

No comments:

Post a Comment