CLOCK


Mutiara Harian

Friday, September 11, 2009

Apa itu Pluralisme dan Kebhinekaan Bangsa

menurut tema yang ada dipesta blogger 2009 yaitu tentang pluralisme dan kebhinekaan.
Saya sebenernya tidak mengetahui tentang apa itu pluralisme, tapi saya mengetahui tentang kebhinekaannya. Saya meraba tema pasti ini menganai bangsa Indonesia.
Karena takut salah mendeskripsikan tema yang diberikan, maka terlebih dahulu saya harus mengetahui arti kata dari pluralisme dan kebhinekaan, karena saya masih awam dengan kata pluralisme maka saya mencari kata tersebut di 'mbah google' (akhir-akhir ini banyak yang bilang website google dengan istilah tersebut, karena mungkin dengan kata'mbah' bisa mengetahui segalanya). Sedangkan kalau kata kebhinekaan, kata tersebut sudah tidak awam lagi.

Setelah saya mencari kata pluralisme, saya menemukannya,
(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Polemik_pluralisme_di_Indonesia)
Menurut asal katanya Pluralisme berasal dari bahasa inggris, pluralism. Apabila merujuk dari wikipedia bahasa inggris, maka definisi [eng]pluralism adalah : "In the social sciences, pluralism is a framework of interaction in which groups show sufficient respect and tolerance of each other, that they fruitfully coexist and interact without conflict or assimilation." Atau dalam bahasa Indonesia : "Suatu kerangka interaksi yg mana setiap kelompok menampilkan rasa hormat dan toleran satu sama lain, berinteraksi tanpa konflik atau asimilasi (pembauran / pembiasan).

Dari sumber yang sama ini penjelasan dari pluralisme agama
Belakangan, muncul fatwa dari MUI yang melarang pluralisme sebagai respons atas pemahaman yang tidak semestinya itu. Dalam fatwa tersebut, MUI menggunakan sebutan pluralisme agama (sebagai obyek persoalan yang ditanggapi) dalam arti "suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relative; oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengkalim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah. Pluralisme juga mengajarkan bahwa semua pemeluk agama akan masuk dan hidup dan berdampingan di surga". Kalau pengertian pluralisme agama semacam itu, maka paham tersebut difatwakan MUI sebagai bertentangan dengan ajaran agama Islam [1].
Bagi mereka yang mendefinisikan pluralism - non asimilasi, hal ini di-salah-paham-i sebagai pelarangan terhadap pemahaman mereka, dan dianggap sebagai suatu kemunduran kehidupan berbangsa. Keseragaman memang bukan suatu pilihan yang baik bagi masyarakat yang terdiri atas berbagai suku, bermacam ras, agama dan sebagainya. Sementara di sisi lain bagi penganut definisi pluralisme - asimilasi, pelarangan ini berarti pukulan bagi ide yang mereka kembangkan. Ide mereka untuk mencampurkan ajaran yang berbeda menjadi tertahan perkembangannya.

sekarang istilah yang kedua yaitu kebhinekaan, seinget saya kebhinekaan itu diambil dari semboyan bangsa Indonesia yaitu bhineka tunggal ika yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Kalo kata pluralisme dan kebhinekaan bangsa digabungkan, ini pasti menyangkut rasa nasionalisme kita terhadap bangsa Indonesia. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau-pulau, dimana kita memiliki SARA(Suku,Agama, Ras, dan Antar golongan) yang berbeda-beda. Tapi perbedaan SARA tersebut jangan malah menimbulkan konflik. Karena kita tinggal di satu negara yang sama Indonesia. Malah dengan perbedaan tersebut kita mempunyai kekuatan untuk memajukan bangsa Indonesia ini. Dengan keberanekaragaman suku, kita bangsa Indonesia mempunyai budaya yang berbeda-beda dari setiap daerah, dari budaya tersebut terdapat bermacam-macam bahasa daerah, pakian adat, tarian daerah,makanan daerah, hal tersebut malah memperkaya bangsa Indonesia. Dan yang sekarang yang mesti kita lakukan, kita harus bersama-sama melestarikan dan menjaga semua kekayaan yang kita miliki tersebut. Kita harus bersatulah membangun negara Indonesia ini, Jangan perbedaan tersebut malah menimbulkan perpecahan. semangat!!! Setidaknya saya tahu sekarang arti pluralisme dan kebhinekaan, dan menambah wawasan saya akan hal tersebut :)

saya pernah ngepost blog tentang 17 agustus 2009 linknya :
http://nurinautami.blogspot.com/2009/08/17-agustus-2009.html

No comments:

Post a Comment