CLOCK


Mutiara Harian

Thursday, May 13, 2010

Hachiko: A Dog's Story

Venue: Seattle International Film Festival (Sony Pictures Entertainment)
Director: Lasse Hallstrom
Screenwriter: Stephen P. Lindsey
Producers: Vicki Shigekuni Wong, Bill Johnson, Richard Gere
Executive producers: Jim Seibel, Paul Mason, Jeff Abberley, Julia Blackman
Co-producer: Dean Schnider
Director of photography: Ron Fortunato
Production designer: Chad Detwiller
Music: Jan A.P. Kaczmarek
Costume designer: Deborah Newhall
Editor: Kristina Boden
Cast :
Richard Gere .... Parker Wilson
Sarah Roemer ... Andy Wilson
Joan Allen ... Cate Wilson
Robert Capron ... Student
Jason Alexander ... Carl
Cary-Hiroyuki Tagawa ... Ken
Erick Avari ... Jess
Forest ... Hachiko
Davenia McFadden ... Mary Anne
Kevin DeCoste ... Ronnie
Bates Wilder ... Dog Catcher
Robbie Sublett ... Michael
Tora Hallstrom ... Heather
Gloria Crist ... Commuter
Donna Sorbello ... Myra
Donald Warnock ... Senior Train Conductor
Oscar J. Castillo ... Train station commuter
Gary Roscoe ... Pedestrian
Adam Masnyk ... Awkward Reacting Boy
Martin Montana ... Train Station Commuter
Denece Ryland ... Miss Latham
Morgan O'Brien ... Train commuter
Vincent J. Earnshaw ... Train Station Commuter
Shane Farrell ... Dancer / Student
Russell Gibson ... Parkers Barber
Ian Sherman ... Student Pianist
Frank S. Aronson ... Milton - Butcher
Rich Tretheway ... Mover
Roy Souza ... Commuter #2
Thomas Tynell ... Man - New Homeowner
Ben Skinner ... Funeral Attendee / Student
Rob Degnan ... Teddy Barnes
Michael Kelly ... Commuter
Kira Arnold ... Student
Luke Allard ... Student
Joanne Fanara ... Commuter

Kisah Anjing Setia Sampai Mati (Kisah Nyata)

Film Hachiko: A Dog’s Story bercerita tentang seekor anjing yang sangat setia pada tuannya, melebihi batas kesetiaan anjing pada rata-rata.

Cerita ini bermula ketika Profesor Parker Wilson (Richard Gere) menemukan seekor anjing kecil di Stasiun Kereta Api Bedridge, Wonsocked, Amerika Serikat, tempat ia biasa pergi bekerja dan pulang dari kerja. Profesor kebingungan membawa anjing kerumahnya, karena sang istri tidak menyetujui ada anjing dirumah(pada awalnya). Kemudian professor berusaha mencari tempt tinggal(penampungan) buat anjingnya tersebut,tetapi tidak ada seorang pun yang menerima. Hingga pada saat professor berkunjung salah satu temannya yang orang jepang. Temannya menjelaskan bahwa anjing tersebut sudah dipertemukan oleh proffesor, jadi anjing itu ditakdirkan akan bersama professor. Dan temannya professor tersebut mendapati tanda di leher anjing ada kalang bertulis huruf jepang 'Hachi' yang artinya delapan, dimana kata temannya angka 8 merupakan angka keberuntungan. Jadi Anjing itu berjenis akita itu kemudian diajaknya pulang ke rumah dan diberi nama Hachiko.

Parker dan istrinya Cate (Joan Allen) juga anak perempuan mereka merawat anjing itu hingga Hachiko bertumbuh besar dan tiada tiada hari yang dilewatkan Parker tanpa bermain dengan Hachiko, mengajarkan bermain bola.

Suatu hari, ketika Hachiko sudah beranjak dewasa, tanpa disangka ia mengikuti Parker ke stasiun saat Parker berangkat kerja. Parker terpaksa naik kereta berikutnya memulangkan Hachiko ke rumah. Setelah itu parker baru berangkat kerja. Ketika Parker pulang kerja ternyata Hachiko menjemputnya di stasiun pada pukul 17.00. Ternyata selama mengantar jemput proffesor hachiko mengingat jalan yang dia telusuri dan orang-orang yang dijumpai parker. Dimana hachiko menerima suapan daging dari toko daging, ada penjual burger pinggir jalan, wanita berkulit hitam, hingga penjaga stasiun. Sejak saat itu Parker membiarkan Hachiko mengantar-jemputnya di stasiun.

Para pemilik kios, pedagang, dan pejalan kaki sekitar stasiun, awalnya tercengang-cengang dengan kelakuan Hachiko yang tidak seperti anjing pada umumnya.

Semua orang orang di sekitar Stasiun Bedridge menyayangi Hachiko dan selalu menyapa anjing itu layaknya sebagai manusia.

Sampai pada satu hari, Hachiko tak menemukan kedatangan tuannya di stasiun pada pukul 17.00.

Parker Wilson ternyata meninggal karena serangan jantung ketika ia tengah mengajar, sementara Hachiko sepertinya tak pernah mengerti perihal meninggalnya Parker.

Setelah kematian Parker, Cate menjual rumahnya dan meninggalkan Bedridge. Sementara Hachiko dipelihara oleh anak perempuan Parker, Andy Wilson (Sarah Roemer).

Berulang kali Hachiko kabur dari rumah Andy untuk pergi ke stasiun, berharap ia akan menemukan tuannya kembali. (sedih pas bagian ini)

Andy selalu menjemput Hachiko di stasiun hingga pada akhirnya Andy merelakan Hachiko pergi. Hachiko tinggal di stasiun dan pada pukul 17.00, ia akan duduk di bundaran di depan stasiun, menanti kedatangan tuannya.

Keunikan tingkah laku Hachiko itu menarik perhatian orang-orang di sekitar situ, bahkan tulisan mengenainya dimuat di koran-koran sehingga kisah anjing ini menjadi legenda. Sehingga orang-orang memberi makan Hachiko secara bergantian.

Kesetiaan Hachiko bertahan hingga tahun kesepuluh meninggalnya Parker. Sampai akhirnya pada musim dingin tahun ke sepuluh, Hachiko meninggal di bundaran stasiun pada tengah malam.


Note: Film ini diangkat dari kisah nyata. Hachiko yang asli pernah hidup di Jepang pada era 30an. Begitu tersohornya kisah mengenai kesetiaannya sampai-sampai dibangun sebuah patung Hachiko di pintu kereta Shibuya (tempat Hachiko dulu menanti majikannya datang). Sampai saat ini Hachiko menjadi salah satu perlambang kesetiaan bagi orang Jepang.

sumber tentang kisah nyata hachiko : http://id.wikipedia.org/wiki/Hachik%C5%8D

Menurut saya : Jika belum mengenal cerita hachiko sebelumnya, kebingungan ada apa dengan si anjing tersebut. Tapi tenang kebingungan tersebut cuma diawal film, selanjutnya kita akan mengerti alur ceritanya dan terbawa suasana film tersebut. Kisah antara pemilik dan anjing tersebut membuat suasana menjadi haru. Saya kasih bintang 4, karena film ini aktornya richard gere(aktor favorite saya), oh ya dimana ada richard gere ada Morgan juga, sayang aktrisnya bukan julia robert(aktris favorite saya).

No comments:

Post a Comment